Facebook

LightBlog

Breaking

LightBlog

Wednesday, January 18, 2017

Trik Memperbaiki Engsel Laptop Yang Patah Sendiri Di Rumah




Sebenarnya yang saya maksud disini adalah memperbaiki dudukan engsel laptop yang pecah sehingga tidak kuat menahan beban ketika monitor laptop dibuka dan ditutup. Sebagian pengguna laptop terbiasa membuka dan menutup laptop dengan memegang ujung monitor, padahal ini berpotensi menyebabkan kerusakan engsel laptop karena beban tarikan hanya bertumpu pada salah satu engsel. Bila hal ini dilakukan terus menerus maka suatu saat dudukan engsel tidak mampu menahan beban yang berlebihan sehingga menjadi rusak yang berakibat monitor goyang saat dibuka dan ditutup.


Kebiasaan yang salah saat membuka dan menutup laptop ternyata bukan satu-satunya penyebab kerusakan engsel. Sebab lain adalah kotoran pada engsel itu sendiri sehingga monitor susah untuk dibuka atau ditutup, hal ini juga menyebabkan beban ekstra pada dudukan engsel yang hanya terbuat dari plastik dan lambat laun dudukan engsel tersebut tidak kuat lagi menahan beban.

Pada tahap kerusakan awal biasanya monitor hanya goyang pada salah satu engsel, sampai tahap kerusakan ini pengguna seharusnya sadar dan segera memperbaiki engsel yang rusak. Namun sebagian pengguna yang 'ndableg' malah mengabaikan hal ini hingga terjadi kerusakan yang cukup parah yaitu kedua engsel goyang dan pada tahap yang cukup ekstrim, monitor laptop bahkan tidak bisa berdiri sendiri dan harus ditopang dengan sesuatu dibelakang monitor agar dapat digunakan. Kalau sudah begini siapkan saja dana ekstra untuk perbaikan engsel yang lumayan mahal.

Sebagai antisipasi kerusakan engsel, yang seharusnya dilakukan pengguna adalah menutup dan membuka dengan memegang bagian tengah monitor atau menggunakan kedua tangan pada dua ujung monitor saat menutup. Jika sudah ada tanda-tanda awal kerusakan engsel sebaiknya segera melakukan tindakan, antara lain membersihkan kotoran dan debu pada engsel bila terasa agak seret pada saat membuka dan menutup engsel.

Namun bagi yang sudah terlanjur rusak engsel laptopnya, tenang saja jangan galau. Saya akan bagi trik memperbaiki engsel laptop yang goyang. Pada tutorial ini saya coba memperbaiki engsel laptop Toshiba Satellite C600 yang rusak pada kedua dudukannya. Cara ini bisa anda terapkan pada laptop merk lain yang mempunyai konstruksi engsel serupa. Tutorial ini saya urutkan mulai dari awal, jadi sekalian tutorial membongkar laptop meskipun tidak terlalu detail.

Trik saya dalam memperbaiki engsel laptop adalah menggunkan baut dan mur dengan diameter baut 3 mm, sesuai dengan diameter lubang pada engsel sedangkan panjang baut kurang lebih 15 mm.

Oke langsung saja, siapkan alat-alat dan bahannya :
  1. Obeng plus dan obeng minus
  2. Solder yang mata soldernya saya ganti dengan paku diameter 3 mm
  3. Tang kecil atau lebih baik menggunakan kunci pas seukuran mur
  4. Baut dan mur, saya peroleh dari toko besi. (Jumlah baut 4 pcs dan mur 4 pcs)
Solder modifikasi/ganti ujungnya menggunakan paku
 

Mur dan baut dengan diameter 3 mm, panjang 15 mm sebagai pengunci engsel dengan body laptop
 
Langkah perbaikan :
  1. Lepas baterai
  2. Buka penutup bawah, lepas hardisk dan ram.
  3. Lepas ODD (Optical Disc Drive), terlebih dulu buka sekrup penguncinya.
Lepas baterai, HDD, RAM dan ODD
  1. Buka semua sekrup pengunci body bawah laptop.
  2. Balikkan laptop, lepas bezel keyboard menggunakan obeng minus.
Congkel ujung bezel keyboard
·  Buka dua sekrup pengunci keyboard lalu copot keyboard.
Melepas keyboard
·  Lepas konektor yang saya tandai dengan lingkaran merah, karena akan menggangu proses saat membuka casing atas laptop jika konektor tidak dilepas.
Lepas konektor
·  Lepas casing atas/penutup body utama laptop dengan cara buka perlahan pada salah satu sisi dulu menggunakan benda pipih. Usahakan menggunakan benda yang tidak terlalu keras agar tidak merusak body laptop, misal pick gitar atau bekas sim card. Dibawah adalah gambar setelah casing atas dibuka, tampak kedua engsel sudah terlepas dari dudukannya (lebih jelas lihat lingkaran merah besar).
Engsel yang sudah terlepas dari dudukannya
·  Lepas monitor dari bodi utama agar tidak mengganggu proses perbaikan. Terlebih dulu lepaskan konektor LCD dan kabel Wireless Card. Perhatikan posisi kabel-kabel agar bisa anda pasang kembali dengan rapi seperti semula. 
Letak konektor LCD dan kabel Wireless Card
·  Lubangi bekas dudukan engsel sanpai tembus menggunakan solder modifikasi yang sudah disiapkan. Tiap engsel mempunyai 2 lubang dudukan, jadi total ada 4 yang harus dilubangi. 
Melubangi dudukan engsel, lakukan juga pada dudukan engsel lainnya
·  Masukkan baut yang akan digunakan untuk mengunci engsel lewat bagian bawah body laptop. Gunakan obeng plus untuk membantu memasukkan karena biasanya lubang hasil solder masih agak sempit.
Masukkan baut untuk mengunci engsel dari body bawah laptop
Tampak dari atas setelah baut dimasukkan

Tampak dari bawah setelah baut dimasukkan
·  Pasang kembali monitor dengan body laptop, masukkan lubang engsel kedalam ujung baut yang tampak dari atas.
Engsel dipasang dengan ujung baut
·  Masukkan mur kedalam ujung baut untuk mengunci, gunakan tang kecil atau kunci pas sesuai dengan ukuran mur untuk mempermudah pemasangan (perhatikan gambar dalam lingkaran merah besar). Pastikan kalau mur benar-benar terpasang dengan kuat.

Engsel setelah dikunci dengan mur dan baut
·  Setelah yakin semua mur terpasang dengan baik, pasang kembali konektor LCD, kabel Wireless Card hitam dan putih ke tempat semula. Pasang kembali body atas laptop, jangan lupa semua konektor dipasang seperti semula. Setelah itu pasang keyboard serta bezelnya, Terakhir pasang semua sekrup body utama laptop Juga sparepart seperti hardisk, ram, ODD dan baterai. Sekarang lihat hasil kerja kita.
Hasil akhir setelah proses yang lumayan panjang
Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu menyelesaikan masalah laptop anda.

sumber
http://quivecshare.blogspot.co.id/2015/12/trik-memperbaiki-engsel-laptop-yang.html

bila ingin ingin ke tempat servis engsel wilayah Surabaya
Bisa menghubungi 
Rekan Kami
Mas Arip
telp/Wa : 0813 3371 7417
websitenya klik disini   

5 comments:

  1. Keren lah ini min, makasih sudah mau share
    https://cody.id/produk/blower/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    == HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
    === JASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===

    ReplyDelete
  2. Halo, boleh kah minta nomor kontak nya yang bisa dihubungi untuk pengajuan kerja sama? terima kasih

    ReplyDelete
  3. Halo kami ingin meminta kontak yang dapat dihubungi untuk pengajuan kerja sama

    Terima kasih

    ReplyDelete

Adbox